Apa arti Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro?

Share on :

Apa arti Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro?

What is the meaning of Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro?




  • Saw merupakan singkatan dari Shallallahu `alaihi Wa Sallam, sebuah lafaz yang disunnahkan keadaan kita untuk mengucapkannya ketika menyebut nama Rasulullah SAW. Artinya adalah semoga Allah memberikan shalawat dan salam kepadanya. Perintah untuk  bershalawat kjepada Rasulullah SAW merupakan perintah dari Al-Quran yaitu " Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya ."(QS. Al-ahzab : 56)

  • As biasa digunakan untuk menyingkat lafaz Alaihis Salam yang bermakna Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya. Ungkapan ini biasanya diberikan kepada para nabi dan Rasul termasuk juga para malaikat. " Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul."(QS. Ash-Shaffaat : 181)

  • Ra biasa digunakan untuk menyingkat lafaz Radhiyallahu `anhu/`anha / `anhum.  Lafaz ini juga merupakan ungkapan dan doa yang disematkan kepada para  shahabat Rasulullah SAW. Maknanya adalah Semoga Allah meredhainya. Bila kata  terakhirnya `anhu maka dhamirnya untuk dia satu orang laki-laki. Bila kata terakhirnya `anhum maka dhamirnya mereka (jama`) dan bila kata teakhirnya `anha maka dhamirnya untuk dia seorang wanita.

    "Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama dari golongan muhajirin  dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha  kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar."
    (QS. At-Taubah : 100)
    "Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mu'min ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon , maka Allah mengetahui apa yang ada  dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan  kepada mereka dengan kemenangan yang dekat."
    (QS. Al-Fath : 18)
  • Azza wa Jalla dan Jalla Jalaluhu adalah dua ungkapan yang disematkan pada  lafaz Allah selain Ta`ala. Lafaz `Azza makanya adalah yang Maha Aziz atau Perkasa. Sedangkan lafaz Jalla maknanya adalah Agung.

    " ... maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."
    (QS. Al-Baqarah : 209)" Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran / keagungan dan kemuliaan."
    (QS. Ar-Rahman : 27)

  • Naudzubillahi mindzalik adalah ungkapan meminta perlindungan kepada Allah dari bahaya atau madharat sesuatu hal. "... maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."(QS. Al-Mu`min : 56)

  • Wallahu a'lam bishshowab adalah uangkapan untuk menyatakan bahwa kita mengembalikan kebenaran itu hanya kepada Allah. Makna lafaz itu adalah Dan hanya Allah saja lah yang lebih mengetahui kebenarannya. " ... dan di atas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui."(QS. Yusuf : 76)

  • Jazzakumullah Khoiran Katsiro maknanya adalah Semoga Allah memberikan balasan kepada Anda yang lebih baik dan lebih banyak. Ungkapan ini adalah bentuk doa dan sekaligus rasa sykur kepada manusia yang telah berjasa kepada kita. Ungkapan ini lebih sempuirna dari sekedar mengucapkan kalimat terima kasih. Karena didalamnya selain ungkapan terima kasih juga ada doa untuk memberikan yang lebih baik dan lebih banyak lagi. " Di sana pertolongan itu hanya dari Allah Yang Hak. Dia adalah sebaik-baik Pemberi pahala dan sebaik-baik Pemberi balasan."(QS. Al-Kahfi : 44)

Apa arti Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro?

What is the meaning of Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro?


Sumber => http://www.mail-archive.com/media-dakwah@yahoogroups.com/msg07131.html

::: Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Belum Memiliki URL Blog!!! :::

10 comment on Apa arti Saw, As, Ra, Azza wa Jalla, Jalla Jalaluhu, Naudzubillahi mindzalik, Wallahu a'lam bishshowab, Jazzakumullah Khoiran Katsiro? :

mamedcupu mengatakan... 7 Juni 2014 pukul 06.36

assalamualaikum
ijin share di blog saya
Jazzakumullah Khoiran Katsiro

Anonim mengatakan... 6 Agustus 2014 pukul 14.46

THANKS BERMANFAAT

Unknown mengatakan... 25 Agustus 2015 pukul 17.06

Jazzakumullah Khoiran Katsiro

Unknown mengatakan... 25 September 2016 pukul 17.47

Jazzakumullah Khoiran Katsiro

Unknown mengatakan... 25 September 2016 pukul 17.47

Jazzakumullah Khoiran Katsiro

FullApkZ mengatakan... 14 Januari 2017 pukul 20.55

Sangat bermanfaat

Dodi Rulianda mengatakan... 20 April 2017 pukul 22.05

Makasih penjelasannya gan, semoga berkah.

Mohd Nooh mengatakan... 11 Maret 2019 pukul 04.28


Jazzakumullah Khoiran Katsiro

Didik sulaiman mengatakan... 22 Maret 2019 pukul 09.22

Keberkahan adalah dari hati tulus kita dan atas ridho Allah.....yg mempunyai isi dunia dan isi di algo'ib......Allahu jalla Jallalu.......amin Allahu bikulli walizaini

Unknown mengatakan... 12 April 2020 pukul 05.23

saw. sesungguhnya nabi melarang menyingkat salawat atasnya.kenapa kita enggan mengetik nabi muhamad shalalahualaihiwassalam.tnpa hrus menyingkatnya. bkn kah itu sebuah penghormatan bagi nabi kita tercinta.

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Semua konten atau isi yang di posting di toeflay.blogspot.com, merupakan hak cipta masing-masing pemilik. Jika Anda pemilik hak cipta dari suatu konten atau isi dan tidak ingin ditampilkan dalam toeflay.blogspot.com, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan dan saya akan segera menghapus konten atau isi yang bersangkutan. Klik Contact Me untuk tindak lebih lanjut.

[Sumber artikel dapat dilihat pada footer di setiap postingan]

toeflay.blogspot.com
 

Guest Book

Blog Stats


Join Our Fan Page on Facebook!